Tuesday, August 17, 2010

Dirgahayu Indonesia ke-65

Merdeka... kata-kata ini sering kita dengar pada saat menjelang perayaan hari kemerdekaan RI. Tidak hanya kata-kata tersebut tetapi lagu kebangsaan juga sering diperdengarkan di berbagai tempat. Tetapi sayangnya kemerdekaan yang sebenarnya belum bisa dirasakan oleh warga Indonesia, bahkan bisa dikatakan kemerdekaan yang ada adalah kemerdekaan yang "semu".

Hari ini seluruh rakyat Indonesia dimanapun berada merayakan hari Kemerdekaan Indonesia yang selalu di rayakan setiap tanggal 17 Agustus. Hari ini adalah perayaan kemerdekaan Indonesia yang ke-65 tetapi seperti kata pepatah "jauh panggang daripada api", apa yang dinyatakan dalam pancasila pasal 5 "Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia". Masih banyak rakyat Indonesia yang belum bisa merasakan kemerdekaan yang sebenarnya, karena masih banyak rakyat Indonesia yang merasa "dijajah" bahkan mungkin lebih menderita dibandingkan dengan masa penjajahan yang sebenarnya.

65 tahun Indonesia merdeka tetapi keadilan sosial masih belum terlihat sama sekali, lebih parahnya lagi semakin lama yang kaya semakin kaya yang miskin semakin menderita.. Lembaga yang seharusnya memberikan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia tetapi belum bisa berlaku adil terhadap semua orang. Orang yang sepertinya "adil"/"baik" ternyata tidak seperti yang dilihat karena tidak sedikit kita lihat di media saat ini banyak orang yang melaporkan tindak kejahatan orang lain, ternyata dia juga terlibat kasus lain dimana dia menjadi tersangka.


Cerita lain yang cukup menyedihkan ketika saya mendegarkan dari teman kantor saya. Dia bercerita anak dari seorang temannya mengatakan bahwa dia tidak akan kembali ke Indonesia lagi karena anggapan dia Indonesia sudah sangat buruk, bahkan lebih parahnya lagi jika dia ingin menemui orangtuanya dia meminta orangtuanya datang ke negara dimana dia tinggal. Saya binggung apa yang menyebabkan hal ini terjadi? apakah didikan orang tua? atau bangsa Indonesia sendiri yang tidak bisa memberikan kenyamanan kepada seluruh warga negaranya sehingga mereka tidak merasa nyaman dan aman di tanah air mereka sendiri.

Semoga dengan semakin bertambahnya usia negara Indonesia tercinta semakin dewasa pula rakyat Indonesia dan para petinggi di negara Indonesia. Sehingga tidak ada lagi perseteruan yang tidak perlu antar petinggi / elit politik di negara kita, perseteruan hanya akan memperburuk kondisi negeri ini. Seharusnya para tokoh politik memegang prinsip Musyawarah untuk mufakat... karena semua masalah pasti ada jalan keluarnya jika dibicarakan dengan baik bukan dengan saling mempertahankan pendapat masing-masing pihak dan hanya mementingkan kepentingan kelompoknya sendiri.

Buat yang baca tulisan ini (kalau ada), untuk para senior diharapkan dapat memberikan contoh yang baik kepada generasi muda sehingga Indonesia di masa mendatang akan semakin baik, dan pasal 5 dari Pancasila dapat terwujud di Nusantara ini. Untuk para generasi muda (termasuk saya hehehe....) diharapkan dapat melakukan yang terbaik untuk bangsa dan negara tercinta ini. Saya yakin bahwa suatu saat Indonesia akan bangkit dari keterpurukan ini.

Akhir kata mohon maaf apabila tulisan ini ada salah kata dan mungkin tidak berkenan kepada para pembaca. Tulisan ini tidak bertujuan untuk menyudutkan / menyalahkan kelompok tertentu, saya menulis ini karena saya merasa sedih dengan kondisi negri Indonesia tercinta ini yang semakin bertambah usianya bukanya bertambah makmur tetapi semakin terpuruk .

MERDEKA...

Salam

Andreas Nugroho

No comments: